SMK 6 Punya Bengkel Praktik TKRO, Ini Keunggulannya

By Wily Cahyadi 02 Jul 2020, 08:04:42 WIB Kegiatan
SMK 6 Punya Bengkel Praktik TKRO, Ini Keunggulannya

Gambar : peresmian bengkel tkro


PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bengkel praktik Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO) SMK Negeri 6 Purworejo diresmikan, Rabu (1/7/2020). Bengkel yang direncanakan menjadi tempat pembelajaran budaya industri bagi siswa sekolah itu, didirikan bekerjasama Toyota Nasmoco Magelang.

Kepala SMK 6 Purworejo Budiyono mengatakan, bengkel tersebut didirikan demi memenuhi kebutuhan pembelajaran anak didiknya. “Selama ini belum ada, kebetulan kami bisa mengajak Nasmoco untuk bekerjasama,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, usai pembukaan.

Menurutnya, kerjasama itu diawali dengan komunikasi intensif sekolah dengan perusahaan. Perusahaan menindaklanjuti dengan survey, kemudian sekolah dinilai layak menjadi mitra. Sekolah menyediakan sarananya, sedangkan perusahaan menyiapkan program dan tenaga ahlinya.

Sekolah melibatkan siswa jurusan TKRO untuk mengikuti setiap kegiatan praktik di bawah bimbingan teknisi perusahaan. “Untuk programnya, dilaksanakan secara berkala. Kami sosialisasikan kepada masyarakat, bahwa sekolah menerima servis kendaraan pada hari tertentu, yang disepakati dengan Nasmoco,” tuturnya.

Budiyono berharap siswanya bisa menyerap ilmu yang diberikan para tenaga ahli Toyota. “Bekal ini yang sangat bermanfaat bagi mereka. Anak-anak paham apa yang harus dikerjakan ketika menangani kendaraan yang sebenarnya. Kalau selama ini praktik hanya dengan mesin contoh saja,” terangnya.

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Magelang Subhan Firdaus mengemukakan, bengkel tidak beroperasi setiap hari layaknya pelayanan bengkel pada umumnya. Pihaknya membuat jadwal pada hari tertentu untuk menyelenggarakan kegiatan servis di bengkel sekolah melalui program Nasmoco Go To School.

Dikatakan, bengkel tersebut menjadi sarana belajar budaya industri bagi siswa. “Kerjasama ini adalah bagian dari upaya kami mengedukasi sekolah, bagaimana agar siap masuk ke dunia industri,” ungkapnya.

Siswa kelas XII SMK 6 Ahsin menambahkan, program itu memberi pengalaman bagi pelajar. “Kami senang bisa belajar dari teknisi dan menangani kendaraan secara langsung. Ini pengalaman berharga bagi kami,” tandasnya.(Jas)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 14 Komentar untuk Berita Ini

  1. Fianda Briliyandi 30 Jul 2020, 08:31:45 WIB

    Mantap

View all comments

Write a comment