Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif
Pembelajaran Kreatif dan Inovatif
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat erat kaitannya dengan sistem pembelajaran bagi generasi milenial baik itu dari usia sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Dalam karakteristik pembelajaran di era serba digitalisasi seperti sekarang ini dituntut untuk terintegrasi dengan basis pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Bagi generasi Alpha dan Z di era pendidikan abad 21 dan juga revolusi industri 4.0 bukan hanya pencapaian kompetensi 4C (critical, collaboration, communication, and creative) yang harus dicapai tetapi juga kecakapan mereka juga dalam beradaptasi menggunakan teknologi.
Terlepas dari itu semua, perubahan dan perkembangan teknologi selalu berkaitan dengan dampak negatif dan positif. Perubahan disini maksudnya yaitu dimulai dari perubahan paradigma dimana dari sistem pembelajaran yang konvensional (teacher centre) menuju pembelajaran yang terus berkembang didukung penerapan teknologi yang juga terus berkembang pesat sehingga tidak ketinggalan zaman dan membosankan. Kegiatan pembelajaran ini membutuhkan keaktifan belajar komunikasi interaktif dan partisipasi antara peserta didik dan guru. Kegiatan belajar juga harus diciptakan sedemikian rupa agar bisa mencapai tujuan pembelajaran.
Pada dasarnya keberhasilan dalam proses pembelajaran bisa diperhatikan melalui penguasan materi, pemahaman konsep, serta prestasi belajar dari para peserta didik. Peserta didik dengan tingkat pemahaman konsep dan penguasaan materi yang tinggi diharapkan dapat meraih prestasi yang semakin tinggi juga.
Akan tetapi terdapat sejumlah faktor yang bisa menentukan keberhasilan pembelajaran lainnya seperti media pembelajaran dan ketepatan model pembelajaran dan ketepatan media pembelajaran yang digunakan. Guru diwajibkan memahami metode pembelajaran terlebih dahulu khususnya materi yang berkaitan dengan model-model pembelajaran. Selanjutnya, guru hendaknya memanfaatkan media pembelajaran yang tepat guna supaya dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik.
Dengan adanya pemanfaatan media pembelajaran yang tepat, diharapkan peserta didik dapat mengarahkan perhatiannya sehingga menimbulkan motivasi belajar yang berdampak positif bagi keaktifan mereka dalam mendapatkan hasil belajar yang optimal. Saat ini pemanfaatan media belajar semakin terdorong untuk diciptakan secara efektif, inovatif, dan efisien untuk mengikuti tantangan pembelajaran berbasis digital seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi.
Oleh sebab itu agar pembelajaran makin menarik dan terkesan tidak monoton, digunakanlah media pembelajaran yang mempunyai sifat interaktif yang mengutamakan komunikasi, kerja sama dan dapat menimbulkan interaksi antar peserta didik melalui permainan sehingga ini juga bisa menciptakan motivasi dalam belajar.
Para ahli berpendapat bahwa permainan merupakan segala konteks yang dapat memicu interaksi antara satu pemain dengan pemain lain dengan cara mengikuti aturan yang ada dan sudah ditetapkan dalam mencapai sebuah tujuan. Sekarang ini juga sudah tak sulit menemukan media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif salah satunya adalah menggunakan quizizz.
Pembelajaran kreatif dan inovatif menggunakan quizizz dapat menjadi salah satu model pembelajaran atau metode pembelajaran yang dapat guru manfaatkan. Hal tersebut juga dikarenakan pembelajaran menggunakan quizizz menjadi daya tarik tersendiri.
Quizizz merupakan aplikasi berbasis permainan beberapa fitur yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran yang sifatnya fleksibel artinya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam kelas ataupun di luar kelas dan naratif dimana aplikasi ini bisa digunakan sebagai sarana penyampaian materi dalam proses pembelajaran dan juga sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dapat dengan mudah dilaksanakan dan juga tidak membosankan bagi peserta didik.
Dengan demikian, guru dapat memanfaatkan aplikasi ini dan mengembangkannya sebagai media evaluasi sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dengan kemudahan akses media pembelajaran tersebut. Selain itu, quizizz juga dapat memberikan data dan juga statistik mengenai hasil kinerja peserta didik secara langsung.
Dengan menggunakan aplikasi quizizz sejumlah aspek yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dapat ditumbuhkan melalui permainan yang ada di dalamnya. Hal ini dikarenakan aplikasi quizizz memuat materi pembelajaran yang dikemas dengan bentuk pertanyaan interaktif dimana pembelajaran ini akan membuat suatu pembelajaran menjadi meningkat secara kualitas.
Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan platform ini peserta didik juga akan lebih tertarik untuk mengerjakan suatu soal. Pendidik dapat mengisi dan memilih materi yang dibuatnya sendiri sehingga disini guru berperan sebagai pendesain yang menyimpan kuis di dalam game atau permainan.
Menggunakan aplikasi quizizz di dalam proses pembelajaran merupakan pilihan yang tepat dalam menumbuhkan motivasi dan mengembangkan kemampuan peserta didik. Hal ini dikarenakan pembelajaran berbasis game atau permainan memiliki potensi yang sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif sebab permainan bisa merangsang komponen verbal maupun visual.
Sudah banyak kajian yang berkaitan dengan pemanfaatan media quizizz menunjukkan berbagai manfaat yang bisa dirasakan para peserta didik dalam meningkatkan kompetensi serta memanfaatkan untuk mengasah kompetensi para pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran ini.
Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran berbasis ICT seperti aplikasi quizizz ini dibutuhkan karena konten-konten yang ada di dalamnya bisa dimanfaatkan oleh para pendidik guna meningkatkan kompetensi maupun kualitas pembelajaran para peserta didik yang dalam menghadapi era yang serba digital. Demikian informasi mengenai Pembelajaran Kreatif dan Inovatif menggunakan quizizz. Semoga dapat menambah informasi.
Achmad Ali Syafingi, S.Pd.